cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
hana.aizawa@gmail.com
Phone
+6285262333783
Journal Mail Official
uswatun.hasanah@utnd.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto/Jl. Rasmi no. 28 sei Sikambing Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28307690     DOI : https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i1
Core Subject : Economy,
manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, operasional termasuk logistic, manajemen perpajakan, manajemen syariah, ekonomi syariah, dan manajemen pemerintahan, akuntansi serta ekonomi pembangunan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023" : 6 Documents clear
Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Majestyk Bakerery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan Desmawati Gulo Gulo; Mella Yunita
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v2i2.815

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengamati dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Populasi penelitian ini adalah konsumen Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang dipakai minimum 96 responden yang berbelanja di toko Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Analisis data yang di tetapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linear berganda yaitu Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. RSquare menunjukkan variabel bebas, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kualitas produk dan promosi dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen di Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan, tetapi juga mengingatkan bahwa masih ada variabel - variabel lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian yang belum dipertimbangkan dalam penelitian ini
Analisis kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada tiktok shop dikelurahan kota tanjungbalai tari Silvia Panjaitan
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v2i2.836

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan analisis minat beli pelanggan terhadap propduk tiktok di Selat Lancang, Kelurahan Kota Tanjungbalai. 57 orang dipilih sebagai sampel, dan 113 orang yang dipilih secara acak sebagai populasi. Kedua hipotesis diuji dan regresi linear berganda yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis. Hasil uji t menunjukan bahwah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Hasil uji t menunjukan bahwa 6,248 lebih besar dari 1,67 yang menunjukan bahwa kualitas dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Dengan kofisien determinasi 0,672, penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen si toko tiktok di kelurahan selat lancang Kota Tanjungbalai. penelitian ini menyatakan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di toko TikTok di wilayah tersebut. Hal ini dapat membantu pemilik bisnis dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan minat beli pelanggan mereka.
Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Review Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Mahasiswa UTND ) Tria Armida
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v2i2.843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Marketing Dan Review Terhadap minat Beli Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Mahasiswa UTND). Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Sehingga sampel pada penelitian ini penelitian ini sebanyak 52 mahasiswa. Metode analisis data menggunakan uji analisis data, regresi linier berganda, asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian uji Social media marketing dan Review berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli pada aplikasi Lazada (studi kasus Mahasiswa UTND).Social media marketing dan review berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli pada aplikasi Lazada (studi kasus Mahasiswa UTND). Kesimpulan menunjukkan pentingnya pemasaran melalui media sosial dan ulasan dalam memengaruhi minat beli konsumen, khususnya dalam konteks penggunaan aplikasi Lazada oleh mahasiswa UTND. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menarik konsumen di lingkungan perguruan tinggi.
KEBIJAKAN MONETER TANPA BUNGA: STUDI LITERATUR REVIEW yani suryani; Desi Ika
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Based on Islamic sharia, in relation to Islamic economics, there are provisions regarding mechanisms and policies that do not contain usury or interest. Riba is an act that is prohibited in Islam. This study uses the method of literature study. Where the stages in this research include (1) Searching for articles, books/scientific works that are in accordance with the topic of this research; (2) Collect and sort data in the form of appropriate research articles; (3) Analyze, discuss and then draw conclusions. Interest-free monetary policy is an appropriate monetary policy in Islamic economics. Where based on sharia, bank interest is included in usury which in the Qur'an is very clear about the prohibition of usury. So that monetary policy in accordance with sharia must be free from interest / usury. Thus the principles of profit sharing are used as a basis for managing finances in an Islamic economy. Keywords: monetary policy, no interest Abstrak Berdasarkan syariah Islam bahwa dalam kaitan dengan ekonomi Islam terdapat ketetapan tentang mekanisme dan kebijakan yang tidak mengandung riba atau tanpa bunga. Riba merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Dimana tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) Melakukan pencarian artikel, buku/karya ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian ini; (2) Mengumpulkan dan memilah data yang berupa artikel penelitian yang sesuai; (3) Menganalisis, membahas dan selanjutnya membuat kesimpulan. Kebijakan moneter tanpa bunga merupakan kebijakan moneter yang sesuai dalam ekonomi syariah. Dimana berdasarkan syariah, bunga bank termasuk dalam riba yang dalam Al Qur’an sangat jelas larangan terhadap riba. Sehingga kebijakan moneter yang sesuai dengan syariah harus terbebas dari bunga / riba. Dengan demikian prinsip-prinsip bagi hasil digunakan sebagai dasar dalam mengelola keuangan dalam ekonomi syariah. Kata kunci: kebijakan moneter, tanpa bunga
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Handphone Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Pinem Ponsel Tanjung Langkat Sumita Dewi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v2i2.865

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga handphone terhadap minat beli konsumen, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan.Metode penelitian ini adalah kuantitatif merupakan sebuah metode penelitian yang didalamnya banyak menggunakan angka. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Pinem Ponsel Tanjung Langkat yang berjumlah 80 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 konsumen diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument pengambilan data menggunakan, angket dan pengamatan langsung kelapangan yang kemudian di olah menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan 6,682>1,66, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Harga handphone berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. R square menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,538, artinya Kualitas Produk dan Harga handphone berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen sebesar 53,8%, sedangkan sisanya sebesar 46,2 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Tiket Bioskop Online Melalui Aplikasi Tix.Id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan Nurlela Nurlela
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 2 No 2 (2023): Edisi September 2023 - Desember 2023
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v2i2.872

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh harga dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan saat membeli tiket bioskop secara online dengan menggunakan survei tix.id yang ditujukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan atau pada saat yang sama. Penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan yang membeli tiket melalui tix.id. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow dalam penelitian ini sebanyak 96 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan yang membeli tiket bioskop melalui aplikasi tix.id. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan analisis data menggunakan metode Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) Versi 24.00 digunakan untuk pengelolahan data dalam penilitan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian tiket bioskop online melalui aplikasi tix.id studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6